Minggu, 01 April 2012

Amalan plus tips ngadepin UN

Pada posting kali ane mo sharing penglaman ngadepin UN alias Ujian Nasional. amalan ini udah ane dan temen2 ane lakuin, dan smpet amalan plus tips ini ane kirim ke inbox tmen2 FB ane, alhamdulillah berkat izin Allah ane dan temen2 pada LULUS dan sebagian kami mendapatkan sekolah dan perguruan tinggi yang idamkan.
Mendengar kata UN bagi pelajar kususnya kelas tiga udah “gemeteran” ato apa gitu, pikiran menerawang kemana-mana, takut ga lulus dan sebagainya. Sebenarnya rasa “gemeteran” bisa diminimalisir dengan persiapan yang cukup.
Oke, lansung aja ke pokok pembahasan ya.
Ketika mau dan sedang UN ane melakukan beberapa amalan diantaranya: 
 • Memperbanyak doa; اللهم يسر ولا تعسر Allohumma yassir wala tu’assir.
 Artinya; ya Allah mudahkanlah (semua urusan) jangan Engkau persulit. 
Mudahkanlah artinya semoga Allah memudahkan kita dlm mengrjakan soal-soal UN dan dimudahkn dlm mndpt sekolah ato perguruan tinggi yang kita inginkan. 
Jangan Engkau persulit artinya tidak dipersulit ktika hendk mengikuti UN baik dlm prjlann mnuju tmpt UN kususnya bagi yang rumahnya jauh dari tempat UN, maupun masalah administrasi. maklum hari ini ga ada yang gratis.
• Membaca basmalah dan sholawat اللهم صل على سيدنا محمد x3 ktika hendak mngrjakan soal-soal. 
• Banyak minta doa kpda orang lain kususnya kpd kdua orng tua dan guru. 
Itulah amalan yg biasa ane lakuin saat menghadapi UN. 
Di bawah ini ada tips Tips Menghadapi Ujian yang ane copas dari internet, semoga bermanfaat. 
Tips Menghadapi Ujian 
  1. Datanglah dengan persiapan yang matang dan lebih awal. Bawalah semua alat tulis yang di butuhkan, seperti pensil, pulpen, jam (tangan), penghapus, penggaris, dan lain-lainnya. Perlengkapan ini akan membantu untuk tetap konsentrasi selama mengerjakan ujian. 
  2. Tenang dan percaya diri. Ingatkan diri kita bahwa kita sudah siap sedia dan akan mengerjakan ujian dengan baik. 
  3. Bersantailah tapi waspada. Pastikan mendapatkan tempat yang cukup untuk mengerjakannya. Pertahankan posisi duduk tegak. 
  4. Preview soal-soal ujian dulu (bila ujian memiliki waktu tidak terbatas) Luangkan 10% dari keseluruhan waktu ujian untuk membaca soal-soal ujian secara mendalam, tandai kata-kata kunci dan putuskan berapa waktu yang diperlukan untuk menjawab masing-masing soal.
  5. Jawab soal-soal ujian secara strategis. Rencanakan untuk mengerjakan soal yang mudah dulu, baru soal yang tersulit. Ketika membaca soal-soal, catat juga ide-ide yang muncul yang akan digunakan sebagai jawaban. 
  6. Sisihkan 10% waktu untuk memeriksa ulang jawaban. Periksa jawaban; hindari keinginan untuk segera meninggalkan kelas segera setelah menjawab semua soal-soal ujian. Periksa lagi bahwa kita telah menyelesaikan semua pertanyaan.
  7.  Berdoa dan minta lah restu orang tua anda.
 Semoga postingan ini bermanfaat, salam sukses 
Ingat ! Keyakinan akan lulus adalah modal utama mencapai kelulusan Selamat Berjuang, Semoga LULUS dan Semoga Kesuksesan Selalu Menyertai Anda, Amien Ya Robbal ‘Alamien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar